Hubungan Masyarakat
Kata humas berasal dari bahasa Inggris : public relation yang artinya adalah seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik, sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individ, badan, lembaga maupun organisasi. Sebagai sebuah profesi. mendidik, meyakinkan, akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah institusi. Seorang humas diharapkan dapat membuat program - program bagi sebuah institusi dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya mempertahankan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.
Humas di Indonesia dikenal pada tahun 1950an, dimana humas bertugas untuk menjelaskan peran dan fungsi - fungsi setiap kementrian, jawatan, lembaga, badan, dan lain sebagainya.
PEKERJAAN HUMAS
Pada umumnya kesan yang jelek datang dari ketidak-pedulian, prasangka buruk, sikap melawan dan apatis. Seorang petugas humas harus mampu untuk mengubah hal - hal ini menjadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan. Bagian penting dari pekerjaan petugas Humas dalam suatu organisasi adalah :
* Membuat kesan (image)
* Pengetahuan dan pengertian
* Menciptakan ketertarikan
* Penerimaan
* Simpati
Humas adalah kegiatan komunikasi dalam organisasi yang berlangsung dua arah dan timbal balik. Posisi Humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaranhumas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi diantara keduanya.
SUMBER DARI :http://betarimey.wordpress.com/2010/01/19/apa-itu-humas/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar